Selasa, 31 Januari 2012

I WANT TO SLEEP

From : Aghyie



Sebelumnya judul ini gue buat menurut keadaan gue waktu siang kemarin yang merubah beberapa jam dalam hidup iis.
Siang itu gue baru pulang sekolah, sewajarnya anak sekolah lainnya kalo pas pulang sekolah yah ganti baju. Baju gue yang habis pake pas habis olahraga baunya kayak supir angkot yang udah keringatan, baunya nyesek kehidung.
Pas gue baru mau tidur, untuk kesekian kalinya iis nelpon
“ ghy elo dimana? “
“ di rumah, kenapa emang? “ dengan nada setengah ngantuk jawab gue
“ kira kira coffe toffee di baruga buka nggak? “
“ eh kayaknya, elo mau kesini? “
“ ho oh “
Setelah iis nutup telponnya gue buru buru nutup mata, gue masih ngatuk, nyawa gue tinggal dua puluh persen, masuk akal aja nyawa gue tinggal dua puluh persen, pas di sekolah tadi gue olah raga.
Seperti tentara yang baru masuk kesatuan gue di suruh lari sekitar dua kilo meter (majas hyperbola), terus pas nyampe di sekolah lagi gue langsung sit up, kalo totalnya sekitar lima puluh kali (masih majas hyperbola), pas pulangnya gue gowes sampe rumah, sekitar tiga kilo meter (majas hyperbola lagi).
Epilog : paragraph di atas menceritakan suka duka anak baru gaul yang belum gaul sama sekali.
Balik ke iis.
Lima menit kemudian dia nelpon lagi
“ ghy ke coffe toffee dong “
“ hah? Gue juga baru mau tidur “
“ ayo lah, bentaran doang kok “
“ ok lah istri pertama “
“ AGHYIEEEEEEEEEE JANGAN PANGGIL GUE ISTRI LO “
Buru buru gue ganti baju yang rada bersihan dikit, di lemari gue isinya cuma kaos cacad yang udah bapuk.
Stater motor, bawa laptop, rokok ready, tinggal muka gue aja yang belum di permak, muka bantal gue nggak pernah lepas, sampe akhirnya gue di coffe toffee, alasan gue bawa laptop sekalian kasih lihat tulisan gue yang kemarin, itung itung nyenengin dia juga.
Seperti biasanya kalo ketemu iis pembahasan yang paling sering adalah tentang masa lalu kita yang sangat sangat indah, saking indahnya di penuhi dengan aib aib, muka gue aib bagi dia, dan gue adalah aib bagi gue sendiri (gue memang aib).
Oh ia gue kenalin Olvi Triyani Pontoh .als Olvi, gue belum dapat nama panggilan yang tepat buat anak hilang yang satu ini, berhubung dia cantik (dan sangat kurus) jadi belum cocok buat dihina (hoek).
“ ghy elo mau minum apa? Gue yang traktir “
“ eh buset, banyak duit yah lu cina? “
“ udah deh, buru! Ntar gue berubah pikiran! “
“ ok deh “
Pas gue pesen, minuman mereka udah datang duluan, sambil menikmati capucinno, iis menyelesaikan baca tulisan gue, olvi cuma minum cool chocolate, gue pesen café mocca.
“ garing nih “ eluh olvi
“ main tab tab deh “ samber gue
“ cina elo nggak mau ikutan “
“ *hening “ iis masih serius baca tulisan gue sambil ketawa ketawa kecil
“ ghy kita main bedua aja “
“ ok “
Sambil seruput café mocca yang rasanya kayak air tape, gue battle sama olvi, gue jarang main tab tab, dan akhirnya gue di cupuin sama manusia krempeng ini.
Dua lagu finish, iis juga sudah baca tulisan gue, sempet gue kaget lihat reaksi dia, kenapa gue kaget? Padahal di tulisan gue yang kemarin kan gue pojokin dia? dalam tulisan gue, dia itu seperti orang yang dikucilkan, tapi ini, malah excited, dia ketawa kecil, dan senyum liciknya nggak pernah ketinggalan.
Gue tersenyum sambil ketawa setan dalam hati, kalo di imajinasikan, gue kayak lagi di konsernya jupe, gue fly denger “ belah duren “nya mba’ jupe, dan sekali lagi gue sukses bisa bikin ketawa cina bone yang satu ini.
“ ghy, elo masih ingat nggak waktu pas tujuh belasan? “
“ oh yang elo jadi dancer? “
“ HAH? DANCER? “ cibir olvi
“ yang pas elo nge dance pake baju orange, terus legging item, terus rambut elo di kuncir dua? “
Seingat gue iis pake baju yang gue deskripsikan tadi, tapi akhirnya …
“ nggak, gue waktu itu Cuma pake tank top pink, rok jeans bapuk, terus pake sarung tangan pink “
Iis nyerocos tentang waktu dia (dan gue) jadi dancer pas tujuh belasan
Gini ceritanya, waktu itu bulan agustus, kalo nggak salah tahun dua ribu lima pas kita masih SD, hari itu hiburan masih kurang, internet tak semurah sekarang, dan jaman itu hape abal abal sudah seperti BB untuk masa sekarang.
Jaman itu Britney Spears adalah artis yang berpengaruh, kalo versi Indonesianya dia itu Agnes Monica, tiap kali mba’ bret (nama panggilan gue buat Britney Spears) nge dance tiap kali juga gue mimisan, gue waktu itu masih ababil ababilnya, kampungan dan yang pastinya cupu.
Setiap anak cewe berusaha menjadi Britney di dalam genk nya.
Tiap kali eki (teman kompleks gue dari TK, sekarang dia di Tenggarong, Kalimantan timur) lihat iis, eki selalu ngomong sama gue …
“ ghy elo sering perhatiin iis nggak? “
“ eh jarang, biasa aja kali, kenapa emang? “
“ kalo elo perhatiin dia baik baik, dia itu mirip ama Britney “
“ Britney? Britney Spears maksud elo? “ kaget setengah mampus
“ ho oh, dia itu primadona di kompleks “ ini sangat manusiawi mengingat iis adalah orang yang pertama eki gebet waktu itu
“ semua juga tau kalo dia itu primadona di kompleks “ cibir gue
“ dan kayaknya nanti pas tujuh belasan iis nge dance deh “
“ HAH? Bener lo? “ siap siap ambil tissue, gue hampir mimisan
“ kayaknya, soalnya mamanya yudi (anak pak RW di kompleks) cerita ke gue “
“ ok deh, nanti kita lihat “
Pas hari H (dua hari setelah eki cerita tentang nge-dance-nya-iis-di-kompleks) gue di kasih tau sama mamanya yudi tentang gue juga bakalan nampil di tujuh belasan.
Katanya gue bakalan ngedance Gandrang Bulo (tarian khas Makassar) bersama roni (temen gue di kompleks yang sudah pindah ke Bandung) dan tiga temen gue yang lain.
Sempet gue shock, lutut gue lemes, muka gue pucat, masalahnya malam ini gue langsung tampil, gue belum latihan, gue nggak tau tari Gandrang Bulo itu kayak gimana?
Sampai akhirnya gue di panggil buat latihan, cuma dalam waktu tiga jam gue ber lima bisa kuasain garasi yudi (karena waktu itu gue di latihan di garasi yudi).
Adzan magrib bersua, gue, roni, dan tiga orang lainnya pulang kerumah masing masing, kita prepare buat jadi Sultan Hasanuddin gadungan, karena memang dandanannya memang kayak Sultan Hasanuddin.
Dua hari sebelumnya ternyata eki udah tau rencana kalo iis itu bakalan nampil, eki tiap sore muter muter kompleks naik sepeda, atau nggak pake motor cross mini rakitan bokapnya yang bandar rokok di Makassar, dan selalu sengaja buat lewat depan rumah iis, dan tiap kali dia lewat rumahnya ada suara lagu, “ kayaknya iis latihan dance deh? ” mungkin itu yang di hipotesis eki waktu.
Seperti kita ketahui sebelumnya bahwa “ Setiap anak cewe berusaha menjadi Britney di dalam genk nya “ dan iis adalah BRITNEY pada saat itu.
Gue udah ON FIRE pada saat itu, gue siap malu, roni siap malu, dan keluraga gue sudah malu duluan karena gue di kompleks terkenal sebagai orang yang otaknya paling miring, GUE SIAP MENGGOYANG KOMPLEKS INI.
Layaknya tentara yang ingin ke medan perang gue minta restu sama nyokap dan bokap gue, gue minta maaf kalo misalnya nanti gue malu maluin.
Gelap pun menyelimuti kompleks gue, settingan ala tujuh belasan dimana mana, bambu runcing, pembungkus semen yang di set menjadi batu, bendera merah putih, kebaya, dan lain lian sudah menjadi setting yang sangat sempurna, panggung secuil ini akan gue gemparkan dengan goyangan gue.
Setelah warming up, pemanasan dikit, dan berdoa layaknya konser rumingkang di Trans TV gue siap, gue nampil sebelum iis, jadi doanya gue lanjutkan setelah gue makan (berdoa nggak ada sangkut pautnya dengan makan kali ghy?), sorenya gue nggak di kasih makan soalnya.
Dari kejauhan eki manggil gue sama roni, gue bertiga layaknya homo karena mengambil tempat yang rada rada gelap tanpa sebab jelas mau buat apa gue di tempat gelap.
Dengan sebungkus nasi padang yang menjadi saksi bisu di antara obrolan kita, kita pun nyerocos satu sama lain
“ ghy elo tadi lihat iis nggak di depan terasnya? “
“ nggak, kenapa emang? “
“ bentar deh elo lihat calon istri gue, pasti cantik bener “
“ idih istri, deket aja kagak mau, apalagi jadi istri “ roni sewot
“ hahaha, biasa tuh habis kejedot kali palanya “ sambung gue
“ eh serius, dia tambah mirip Britney Spears, mirip sama video yang waktu itu kita nonton sama rere (kakak cewe eki) “
“ hah? Serius lo? “ roni kaget
“ bener “ perjelas eki
Sambil gue nguyah ayam goreng padang, gue denger dari speakernya kalo “ PENAMPILAN SELANJUTNYA DARI ANAK ANAK KITA DARI RT 02!!! MODERNNNN DANCEEEEEEEEEEE “ dan yang gue tahu satu satunya yang bawa tari modern adalah IIS!
“ woi iis tuh naik ke panggung “ gue nunjuk ke iis pake ayam goreng
“ mana mana? Minggir lo pada “ eki nerobos
“ WOIIIII AYAM GUE JATOH, AMBILIN GUE LAGI “ gertak gue
“ waaaaa iis “ eki mimisan
“ hiks hiks ayam goreng gue “
“ waaaaa Britney Spears “
Kayaknya eki tidak terpengaruh dengan jatuhnya ayam goreng yang di kasih sama panitianya, eki masih menikmati hiburan sekali setahun ini.
Seperti anak kecil pada umumnya, kalo lihat temen cewek yang jadi calon gebetan pasti dalam hati sudah loncat loncat kegirangan, seperti yang dirasakan eki sekarang.
Sampai akhirnya gue harus nampil.
Beberapa menit kemudian gue turun dari panggung, gue udah nampil, nyokap gue di bawah panggung udah siap dengan beberapa macam bunga yang siap di lempar ke arah gue, gue berasa pengantin yang habis nikah, mengingat gue yang sekarang pake baju adat kayak begini.
Sampai akhirnya eki kembali ke arah gue, bukan buat nanya kalo penampilan gue tadi bagus, tapi ngajak gue untuk ke naik sepeda sambil lewat di rumahnya iis besok sorenya, dia ngajak gue buat ngeliatin iis, gue nggak meng”ia”kan ajakan eki, menurut gue dia harus berusaha untuk mengejar wanita yang jadi “ Britney “nya sekarang.
Percintaan mereka bukan urusan gue, dan urusan gue adalah urusan gue sendiri.
Iis pun kaget dengan aib kami berdua yang masih saya hapal dengan lengkap dan jelas, sambil menyelesaikan café mocca pesenan gue iis cerita berkomentar dikit
“ hahaha ternyata elo masih hapal bener kejadian yang dulu banget “
“ wets, gue emang penghapal aib yang baik “
“ aib si aib, masalahnya ini buat gue drop kalo di share ke orang lain “
“ nanti gue share ke orang lain deh “ samber olvi
“ vi jangan dong, cukup elo sama aghy aja yang tau aib gue “
“ ok deh, gue nggak kasih tau orang lain “
Sore pun semakin mendekat, mungkin saatnya gue cabut dari mereka berdua, gue mau lanjutin tidur siang gue yang tertunda tadi, sampai iis bilang …
“ ghy jalan yuk? Garing nih di rumah, nggak ada kerjaan gue “ eluh iis
“ ehh gue masih ngantuk “
“ ayolah ghy, kali ini aja, sekalian gue mau lihat aslam “ aslam itu mantannya iis waktu SMP yang sekarang jadi teman sekolah gue lagi di SMA.
“ eeeh ok deh, demi kamu apapun jadi “
“ nggak usah lebay yah mata gede “
Iis ngikutin gue dari coffe toffee ke rumah, gue masih belum mandi, gue masih bau keringat (seperti sebelum sebelumnya), mulut gue masih bau rokok camput air tape tadi, dan dengan sangat sangat terpaksa ngantuk gue temenin iis.
Sorenya pas mau ke tempat nongkrongnya aslam, si aslamnya kagak ada, mungkin malamnya baru ada, jadi kita teruskan perjalanan ke permata hijau, ke TKP dimana iis menjadi Britney Spears dulu, tapi bukan buat cek TKP, sebenarnya iis ke permata hijau buat ambil tugasnya puji (adenya iis yang sudah gue anggap ade sendiri ) yang harus di kirim via email, berhubung disini gue yang kayak teknisi komputer, gue di suruh mengeksekusi tugasnya puji (gue memang kakak yang baik dan bau)
“ eh cari cafe yang ada wi fi nya deh, gue capek nih bawa mobil seharian “ eluh iis
“ ghy dimana tempet nongkrong elo yang ada wi fi nya? Kan ceritanya elo jadi anak gaul se kota Makassar di mobil ini “ ngobrol olvi
“ eh coba di burger holic deh, disitu ada wi fi nya “
“ kayaknya uang gue nggak cukup deh “ eluh iis lagi
“ ya udah di explore aja “ saran gue ke iis lagi
Sampai akhirnya kita di explore, warnet ter mahal di daerah pengayoman, se jam di sana bisa sampe tujuh ribuan, berapapun mahalnya yang jelas tugasnya puji selesai.
Dua jam nggak terasa di dalam warnet, maklum saja suasananya mendukung, dan harganya sangat menguras dompet (iis).
Pas di mobil iis sempet cerita tentang bokapnya lagi yang katanya ingin penataran di Jekardah sana, bukan masalah penatarannya, tapi lamanya dia di sana, katanya sekitar tiga bulan, menurut iis tiga bulan itu sangat lama, tiga bulan itu serasa sembilan puluh hari, dan sembilan puluh hari sama dengan dua ribu enam ratus enam puluh jam, dan dua ribu enam ratus enam puluh jam itu … (malas ngalinya gue).
Intinya iis nggak bisa hidup sama tanpa bokapnya.
Curhatannya iis bisa menghilangkan perasaan lama di perjalan, matanya olvi udah sayup, ketek gue masih bau keringat, mata iis masih memandang ke jalan, isi kepalanya kemana mana, tentang bokapnya, tentang mantan mantannya yang karib gue dulu dan sekarang, tentang tugasnya puji, sampe akhirnya kita sampe di tempat tongkrongannya aslam lagi.
Aslam masih belum ada di tempat, kata accang (teman genknya aslam) dia masih di rumah, sepertinya aslam masih sibuk dengan solatnya, sekarang aslam itu lebih mendekatkan diri pada ilahi, dan mungkin suatu saat aslam akan bertemu dengan ilahi (elo doain orang mati yah ghy?).
Kabar ini membuat iis shock, aslam kayaknya berubah 1800, iis nggak pernah denger aslam lagi solat, dan sekarang berita ini membuat iis semuringah.
Pas gue nanya ke accang lagi, katanya aslam lagi mandi, mungkin dia sudah tahu kalo iis dateng ke wartel, dan ceritanya dia lagi dandan buat menghadapi cina dari bone ini.
Buat bunuh waktu, iis dan olvi foto foto di dalam mobil, gue juga sempet ikutan, sampe akhirnya …
“ eh ghy itu aslam yah? “
“ nggak tau? Tunggu gue cek dulu, siapa tau bukan dia “
Bebrapa menit gue kembali ke mobil dan kasih tau iis …
“ eh bener, itu aslam “
“ YA ALLAH, ASLAM, CAKEP BENER, vi lihat vi, itu yang namannya aslam “ iis senyum dan pasang muka nanar sambil kasih tau ke olvi yang mana namannya aslam
“ wah cakep juga “ olvi kasih tanggapan datar tapi tetap berbobot
“ ya elah, nggak segitunya kali cina “
“ hem ok deh “ iis langsung diam
“ eh gue kesana dulu, nanti ketahuan kalo kalian berdua bareng sama gue “ gue pamit
“ ok deh, sana gih “ usir iis
Setelah beberapa kali basa basi sama aslam dan accang, nyokap gue nelpon, gue panik, gue buru buru ke mobil buat kasih hape ke iis, biasanya nyokap gue bakalan luluh kalo iis yang angkat telponnya.
“ iis angkat telpon gue gih, nyokap gue nih masalahnya “
“ hah? Nyokap elo? “
“ iya cepetan? “ nyolot
Pas iis nerima telpon gue langsung cabut ke aslam lagi, takut ketahuan kalo iis ada di dalam mobil, tapi …
“ ghy elo sama iis ke sini? “ Tanya aslam.
“ ah anu eh “ gue gelalapan.
“ bener yah? “ mampus gue ketahuan.
“ ho oh “
Secara sengaja accang cerita ke aslam kalo gue bareng sama iis ke sini, ya jadi akhirnya gue jelasin kalo iis ke sini buat ketemuan sama dia, dia cuma ngangguk ngangguk, meng”ia”kan setiap penjelasan gue.
Jam delapan udah nggak terasa, gue udah kepanasan (dan udah di teror sama nyokap sendiri), sampai akhirnya gue nanya ke iis buat move on dari wartel.
Iis buru buru buat cabut dari wartel, gue berniat buat ketemuin mereka berdua yang sudah tiga tahun nggak bertemu (setahu gue), gue mau buat hal yang berkesan buat iis. And finally I do this …
“ aslam gue cabut dulu yah “ pamit gue ke aslam
“ oh hati hati ghy “ sambung aslam
“ eh gue mau kasih ketemu elo sama iis “
“ eh boleh deh “
“ is buka is, aslam mau ngobrol “ gue ketok kaca mobilnya
“ ah eh “ iis cuma buka dikit kaca mobilnya
“ hai iis “ aslam julurin tangannya yang dingin
Mereka berdua gelalapan, gue ketawa dalam hati sambil berteriak BERHASIL, sedangakan olvi hanya duduk di belakang sambil main hape, gue buat ketemuan hari ini nggak sia sia, gue buat tahapan baru dalam kehidupan kami ber tiga menjadi berbeda.
“ kok nggak turun is? “
“ ah eh nggak papa “
“ oh elo sekarang dimana? “
“ di jubels, sekarang kamu satu sekolahkan sama aghy? “ iis mengalihkan pembicaraan
“ ho oh “ jawab aslam polos
“ eh gue pulang duluan dulu yah, nyokapnya aghy tadi udah nelpon “
“ ok deh, eh hati hati yah “
“ sip sip “ iis buru buru tutup kaca mobilnya
Baru beberapa meter dari wartel iis mulai keluarkan semuanya, semuanya?
YAH SEMUANYA!
“ AGHY KAMPRET MATA GEDE’, ALIEN NYASAR, BIJI MATA CACAD “
“ BRUAKAKAKAKAKA, BAHAGIA GUE NGELIATIN ELO TADI SALTING “
“ hihihi, betul ghy, barusan gue lihat iis salting nggak ketulungan kayak begini “ komen olvi dengan nada setengah ngantuk
“ ok iis apa yang elo lakuin tadi? Apa? “ iis bertanya pada dirinya sendiri, mulai ngeracau tina toon KW2 ini
“ intinya dari tiga cita cita elo dulu setidaknya gue baru kabulin satu “
“ tapi nggak kayak gini caranya mata gede “
Iis punya tiga cita cita dalam hidupnya, pertama, iis ketemu sama roni yang notabennya dulu nyokapnya karib bener ama nyokap gue, kedua, iis mau ketemu sama eki yang notabennya adalah pacar pertamannya sekaligus temen nakal gue sampe SMP walaupun nggak sampe satu SMP, ketiga, iis mau ketemu sama aslam yang notebennya adalah teman SMP gue sama iis, mantannya iis, dan ce es gue di SMA sekarang.
Berubahnya iis setelah bertemunya dia dengan salah satu mantannya mungkin akan terjadi.
Perubahan apa yang akan terjadi? We will se together, not me or iis only, BUT WE WILL SEE TOGETHER!
Pokoknya beberapa jam yang gue pernah alamin yang sebenarnya nggak terlalu seru tapi sangat berkesan menurut iis, karena apa? ASK HER!
INI CERITAKU APA CERITAMU?
CHAO!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar