Selasa, 31 Januari 2012

OLD FRIEND

from:aghyie

Kali ini gue cerita tentang teman gue dari kecil (bener bener dari kecil), namanya Andi Anissa Nur Meylani Darwin .als iis .als cina. Kenapa cina? Karena mukanya mirip orang cina.
Putih, sipit, senyumnya agak buat orang parno, dan sedikit gendut, dari TK gue bareng sama dia, kecuali sekarang pas di SMA.
Awal mulanya gue kenalan gue ng’ tahu persis, tapi yang seingat gue dia itu satu jemputan sama gue, dia juga ingat kalo gue teman satu jemputan waktu TK, gue masih ingat pas tiap kali udah dapat makan siang dari TK, gue selalu berusaha untuk sikat gigi dekat sama dia sesudah makan siang.
Lama kelamaan gue semakin akrab, walaupun gue sering di bencongin sama temen gue gara gara sering becanda sama dia gue ng’ pernah berasa kayak gitu, gue cuma mau dapat teman yang lain, bukannya laki laki yang giginya pada item item semua (gue juga waktu TK giginya item item juga).
Kalo pas pulang sekolah waktu TK gue paling sering tidur, atau tidak makan sisa mi goreng sisa makan siang di sekolah, gue ng’ pernah lihat iis turunnya dimana, pas pergi ke sekolah juga gue ng’ lihat rumahnya dimana karena kalo pagi dia di anter sama bokapnya (kalo dia manggil bokapnya itu papa’).
Dan sampe suatu saat gue ng’ tidur dan ng’ makan sisa mi goreng, gue mulai perhatiin satu persatu teman gue yang turun dari mobil jemputan, dan giliran si iis yang turun, gue kaget, ng’ nyangka kalo gue ama dia itu tetanggaan.
Sempet gue lost contact sama dia, sampe dikelas dua SD gue ketemu lagi, dan di tempat yang sejenis, yup, mobil jemputan lagi, sifatnya ng’ berubah dari TK, cuek, pendiam, dan kayak takut berteman dengan orang di sekitarnya, gue pun sama, gue tetep cuek, tapi ng’ takut berteman sama orang di sekitar gue, wong tukang ikan aja gue ajak ngobrol. (gue jadi ingat tukang ikan di permata hijau)
Suatu hari gue kebelet boker, gue waktu itu masih parno kalo boker di sekolah, gue masih takut lihat plafonnya, gue masih takut bau kencing kakak kelas , pokoknya gue takut dengan WC biadap itu.
Gue lihat jam, masih sekitar jam delapanan, artinya masih ada dua jam untuk gue buat pulang ke rumah, dan menurut gue dua jam itu lama, gue semakin ng’ tahan, dan akhirnya pantat gue keceplosan, gue boker di celana, asli gue malu pas pulang sekolah.
Gara gara diledekin satu mobil jemputan gue mulai emosi, gue angkat cenala dalem gue yang masih bau bau anyir ke mereka.
Ada yang berteriak minta tolong, ada yang nangis, dan ada yang diam diam aja, kenapa diam? Ini kan celana dalam? Ini kan bau? Wajar aja ada yang diam karena yang diam itu ada di dalam mobil jemputan.
Gue di isolasi ke kursi di depan, sesekali gue lihatin iis sama dian (ade’ kelas anak sudirman 2) dan kiki (kakaknya dian) ngobrol masalah orji (kayak mini note yang kertasnya Barbie semua), mereka bertiga kayak trio macan gagal produksi yang lagi bahas bisnis milyaran, maklum saja, orji itu seperti identitas mereka kalo mereka itu eksis.
Ibaratnya orji itu seperti BB kalo di bahasain sekarang, gue duduk di depan dengan tatapan nanar, hanya bisa senyum, soalnya gue ng’ bias ke belakang, mencoba ngobrol sedikit, tapi akhirnya GAGAL.
Tiga tahun ng’ terasa, gue sekarang sudah kelas lima SD, kita semakin kelihatan dewasa, gue semakin tambun dan iis tetap saja putih, wajar lah anak rumahan, gue juga.
Semakin kesini obrolan gue makin akrab, tiap ilham (anak sudirman 2 yang seumuran gue) nyanyi, dia request lagunya perter pan.
Band yang paling laris saat itu adalah kangen bandpeterpan, dengan ariel sebagai vokalis yang di dalam mobil jemputan itu adalah ilham, gue sebagai drummer gagal karena cuma bisa ngiringin ilham pake tas gede yang isinya buku matematika.
Semakin lama gue dan iis mengalami masa masa peralihan, dari anak ingusan menjadi anak kota yang sekolahnya di kota (tentunya), gue test di SMP06 dan SMP02, gue ng’ tahu iis testnya dimana.
Dan sampai akhirnya gue masuk di SMP06 dan ketemu sama dia lagi, betapa bosannya waktu itu bisa bertemu sama iis setiap hari, walaupun berbeda kelas gue bisa ketemu sama dia di kantin yang deket di WC cewe’ di bawah musolah, wajar saja saya sering nangkring di situ, tempatnya strategis buat godain cewe’ kelas lain atau tidak ade’ kelas yang lagi pengen pipis.
Waktu pas masih kelas satu gue pulang cuma naik angkot di depan MTC, dan biasanya ketemu sama dia lagi, basa basi dikit, ngajak dia beli eskrim di McD, tapi dia jarang mau ngikut sama gue buat beli eskrim, sampe suatu saat bus sekolah menjadi jalan keluarnya.
Ada bus yang menuju kompleks gue dengan biaya lebih murah, dengan uang dua ribuan gue bisa sampe di tempat turun angkot yang biasanya gue harus bayar tiga ribu.
Dian pratiwi adalah orang yang mempengaruhi iis (kayaknya) biar mau ikut bareng naik bus, setidaknya gue bisa ngobrol lagi sama iis, dan setidaknya gue dapet temen baru yang notabennya temannya dia juga.
Setiap hari jumat becak yang sering nongkrong depan kompleks pada ngacir, ini kabar buruk bagi gue mengingat depan kompleks ke rumah gue lumayan jauh, kadang kadang kita jalan bareng ke rumah masing masing.
Panas, terik, lengket, keringatan sering gue alamin berdua, mungkin kalo kalian baca ini gue seperti nge deketin dia, padahal ng’ sama sekali, gue kayak dapet saudara cewe’ (yang seperti gue idam idamkan sebelumnya).
Wajar aja gue ngobrol kayak gitu wong gue empat bersodara yang semuanya batangan, saudara gadungan seperti ini yang sangat gue idam idamkan.
Pas gue mau naik kelas 3 gue ngebet bimbel, takutnya gue ng’ lulus UN, akhirnya gue masuk di JILC, dan sama seperti sebelum sebelumnya gue ketemu lagi sama iis, kenakalan gue yang paling gue ingat adalah pas manggil anak jalan Toddopulli buat bentrok sama anak SMP03, gue sempet di skorsing gara gara kelakuan gue tersebut, dia pun sama, dia mulai rajin bolos, dan nakal yang mulai ng’ wajar, nakalnya kayak gimana? Cukup gue dan masa lalu buruknya yang tahu.
Suatu saat gue pulang dari JILC sendirian, dari kejauhan gue lihat bokapnya iis nangkring dekat tukang sate, sambil harap harap cemas bokapnya nunggu sampe akhirnya bokapnya nanya’ ke gue “ iis kemana? “, Gue jawab ng’ tahu, finnaly bokapnya ajak pulang bareng, pas di dalam mobil gue di introgasi dikit sambil kasih amanat untuk jagain iis, gue panik setengah mati, kayak tikus di siram air panas, gue menggelepar, kapan lagi coba gue bisa jaga tina toon?
Ke esokan harinya gue jalani rutinitas seperti biasanya, bangun pagi, sekolah, pulang ke rumah naik bus pas siangnya, malamnya gue mangkal jadi bencong deh.
Setiap kali bus jalan mata gue kemana mana (cuman nengok,ng’ sampe mata gue keluar terus jalan jalan), lihat lihat sekeliling, lihat lihatin jalan yang dipenuhi angkot berisi anak sekolah yang masih ababil, belum dewasa dan pastinya masih rada rada alay, sampe akhirnya gue lihat ada penjual dawet depan kantor PLN, gue Tanya mas anto (supir bus 03) untuk minggir bentar buat beli dawet, dawet disitu enak bener.
Pas deket lampu merah di dekat PLN ternyata ada air mancur, ke gokilan gue sama agraa (anak SMP02) adalah cuci muka disitu, seger bener air disono, wajar, PLN yang punya.
Di kelas tiga SMP tugas yang dikasih sama guru guru itu random dan kadang kadang harus di kerja bareng, refrensinya pun harus lebih banyak dan konkret, kalo dicari di internet mah mungkin ada tapi kagak jelas siapa yang buat? Dan siapa yang bikin bahan tadi? jalan terakhirnya yah toko buku, di kelasnya pun dia kebagian tugas kelompok juga, iis juga punya soulmate kelas yang jadi teman kelompoknya juga.
Pas iis mau beli buku di gramedia MP mas anto di suruh banting stir untuk ke MP, dengan sigap mas anto banting stir ke MP (ng’ sampe tabrakan, yang jelas mas anto ke MP).
Biasanya kalo kita naik bus kita kayak dapet penyakit aneh, bisa gue namain “KEkeneKan virus” , yang dimana virus tersebut membuat semua penumpangnya mau menjadi kenek, dan iis kayaknya kena virus tersebut, iis sudah stand by di depan pintu bus layaknya kenek, pas busnya memperlambat lajunya iis buru buru turun, alhasil iis jatuh dengan indahnya, sangat indah karena dia jatuh tepat di depan grombolan para tukang becak.
Malu + sakit = salting, mungkin rumus itu yang paling cocok untuk mengetahui perasaan iis waktu jatuh dari bus.
Oh gue lupa kasih tahu temen temen iis yang jadi soulmate gue juga sekarang, ada dian pratiwi jaya yang sudah gue sebutkan tadi, leandra erdina, dan reski amaliah jafar.
Penasaran sama mereka? Ok gue ceritain dikit tentang mereka.
Dian pratiwi jaya als. Dp als. Jappo’ als. cempreng adalah masa lalu dari nycta gina kalo di kudungin. Putih, pendek, cempreng, easy going, dan pake kudung tentunya.
Kemudian leandra erdina .als bollaku, gue paling sering di soulmate soulmatein sama dia, mengingat mata kami yang sama. Putih, agak tinggi, giginya agak berantakan, betisnya besar wajar saja kalo dia sekarang jadi pemain futsal.
Lanjut ke reski amaliah jafar .als gicok, kenapa gicok? Karena kalo senyum ada giginya yang rusak dan warna coklat, jadi gicok itu akronim dari gigi coklat, pendek, agak item, terus rambutnya mirip sapu ijuk.
Gue semakin aneh karena perteman (atau bisa gue bilang persaudaraan gue) sama iis semakin dekat, dan kayaknya gue mulai dapet soulmate sampai gue nanti mati, minimal nikah deh, gue ng’ mau kehilangan salah satu bagian dari hidup gue, termasuk dia.
SMA sudah kita masuki, gue test di SMA01, dia test di SMA17, gue ng’ lulus, dia lulus, gue pindah dari permata hijau, dia ng’ pindah, kayaknya tuhan memisahkan gue dari soulmate gue.
Gue sekarang cuma bisa kontek kontekan lewat twitter, sampe suatu saat twitter mempertemukan kita (gue berasa kayak suami istri yang suaminya jadi pelaut), tepatnya pas ulang tahunnya eki tahun ini, gue kurang hapal tanggal berapa yang jelas tahun ini dia ulang tahun dan bertepatan pas bulan puasa kemarin.
Gue, iis, dp, leandra, dan putri (temen kelasnya iis waktu SMP dan temenan juga waktu SD sama gue tapi dia di kelas B, gue di A) rencananya mau ke rumahnya eki buat kasih kejutan.
Disini persahabatan gue mulai di uji se uji ujinya, pas iis sudah mulai boring bawa mobil iis nyuruh gue bawa mobil, gue yang ambil alih stir mobil, dan akhirnya apa? Gue berhasil buat mobilnya beset, alhasil iis panik, gue panik, orang di UGD juga panik (kalo di UGD mah wajar tiap kali ada kecelakaan pasti panik), iis mulai kelihatan bingung.
Sekarang bagaimana caranya gue buat tanggung jawab? Mau bayar pake apa? Gue cuman anak rumahan yang sok gaul, tapi dengan suara yang sendu dan tatapan mata sayup dia bilang “ udah deh ghy’ ng’ usah telalu di pikir, gue cuma pikirkan persahabatan gue sekarang sama elo, kalo ng’ sudah gue sudah marah marahin elo dari tadi “, betapa baiknya tina toon gue yang satu ini, sudah cantik, baik, ramah bener sama orang lain, wajar saja sekarang temannya bejibun di Makassar.
Sampai minggu lalu kita ketemuan lagi buat silaturahmi ke rumah masing masing, maksudnya kita ganti gantian ke rumah mereka terus ke rumah gue tapi ng’ jadi.
Sampai akhirnya cuma ngumpul di rumah leandra, pas ngumpul disana juga gue cuma sendiri sampe akhirnya gue di ajak makan sama omanya leandra.
Sekilas omanya mirip bener sama nenek gue yang di Timika, kritingnya sama, hobi pake emasnya sama, dan ngatur ngaturnya juga sama, cuman satu doang bedanya, omanya leandara yah omanya leandra, nenek gue yah nenek gue.
Gue sendirian full sama leandra sampe akhirnya dp datang bawa pirex, kirain dia mau nyolong kue atau burasnya leandra tetapi tidak.
Tiga jam berlalu, kita semua sudah ngumpul lagi, katak lompat (nama genk yang di kasih sama aan) sekarang sudah lengkap, gue, iis, dp, leandra, dan eki ngumpul lagi di bulan yang sama, awalnya kita rencanain buat makan rendang di rumah gue, berhubung iis ng’ bawa mobil akhirnya kita ke McD, tempat andalan gue sama leandra dan dp.
Dari jam tiga sampe jam lima itu ng’ kerasa kalo jalan bareng sama empat orang tadi, sama gue jadinya berlima (gue memang selalu mau eksis di tiap tulisan gue sendiri).
Pas pulang mau ambil motor di rumahnya leandra kita berlima naik angkot dan campur jalan dikit, mengingat rumahnya leandra yang jauh dari tempat turun angkot, gue sempet flashback, cerita dikit tentang pengalaman kita waktu SMP, tentang ke ababilan kita, tentang aib aib yang dulu menjadi lelucon di dewasa kini.
Pas turun dari angkot gue langsung ingat waktu gue sering jalan kaki dari tempat turun angkot waktu masih di SMP, kegirangan ini masih terjadi, masa SMP ini jadi sangat kental terasa, iis ngajak gue nyanyi karena dia lagi havefun bareng sama gue.
Sambil teriak teriak di pinggir jalan, peterpan pun jadi playlist, gue jadi arielnya, iis jadi omas wati dian sastrowardoyonya, pokoknya gue gokil gokilan bareng sama dia hari itu.
Betapa serunya hidup gue sekarang mengingat kejadian tadi dan mungkin suatu saat gue bakalan pamerin tulisan ini ke iis, semoga saudaraku yang mirip tina toon ini bisa kuat sama gue (yang ganteng dan cekep mampus ini), gue sekarang punya cita cita yang melibatkan dia, gue pengen ada di daftar tamu spesial di undangan kawinan nya. J
Sama seperti tweet gue yang kemarin “ @aghyie : your best friend it’s your second family! Hahaha jadi ingat @nengiiss @leandraerdina @dp_jaya @pcleki! “
CHAO!!! J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar